Minggu, 20 September 2015

ROADVENTURE TRIP TN. BALURAN - KAWAH IJEN

Afrika Van Java  mendengar namanya aja udah keren apalagi bisa kesana dan Taman Nasional Baluran yang berada di Situbondo Jawa Timur adalah tujuan trip kita kali in.
2 minggu sebelum berangkat kita booking penginapan di pos bekol, bookingnya sih lewat telpon cuma dicatet nama, alamat dan tanggal kedatangan dan kedengarannya meyakinkan.
Jumat 25 Oktober 2014 jam 01.00 wib,kita berangkat dari Malang dengan estimasi 3 jam perjalanan karena kita pengennya kita tiba disana pas sunrise , sunrise dan sunset adalah moment yang selalu kita tunggu sewaktu trip bro, merasakan sunrise dan sunset di tempat dan waktu yang berbeda bisa memberi energi baru membuat kita kita lebih bersyukur padaNYA.
Entah karena kondisi jalan yang sepi atau kitanya terlalu cepat jam 03.00 wib kita udah sampai di pos masuk TN Baluran, kita segera konfirmasi kedatangan karena merasa sudah booking jadi bisa langsung masuk ke area tapi kata petugas jaga nama kita gak terdaftar di hari itu dan penginapan sudah penuh semua, yaelah bikin emosi aja!!!!Sempet sih saya bersitegang sama petugasnya tapi bang Adit menengahi menarik saya keluar dari situ, akhirnya kita cari warung dekat situ untuk istirahat sejenak men-woles-kan suasana, jam 05.00 wib kita kembali masuk karena gak mau ketinggalan sunrise karena saya terlanjur badmood sama petugasnya akhirnya bang Adit yang mengurus masuk kita membayar Rp.23.000 untuk 2 orang + motor, sebenarnya pos ini dibuka untuk pengunjung mulai jam 08.00 wib tapi bagi yang sudah booking penginapan kita bisa masuk jam berapapun!!!!Begitu masuk kita disambut langit yang kemerahan keren deh bikin mood jadi enakan lagi bro, jarak dari pos masuk sampai Pantai Bama sekitar 15km dengan kondisi jalan gravel atau aspal rusak sehingga bisa disebut makadam,pertama kita masuk kawasan evergreen ini adalah kawasan tumbuhan yang menghijau sejauh 2km an sesekali ayam hutan dan burung merak melintas lalu kita melewati hamparan Savana tapi sayang kita tidak melihat kawanan banteng atau hewan apapun mungkin karena mendengar mesin motor mereka kabur ya, sampailah di Pos Bekol.

Savana Bengkol
Disini kita bertemu kawan baru,Pak Totok beliau juga sedang touring bersama teman-temannya dari  POC Kediri. Pak totok dkk ini sudah dari kemarin sore disini dan mereka berencana melanjutkan perjalanan ke kawah ijen banyuwangi dan beliau menawari kami gabung untuk bersama ke Kawah Ijen, wah kita langsung mengiyakan aja bro hehe…...sebenernya tujuan kita cuma TN Baluran aja berhubung masih ada sisa libur, yawdah kita sikat aja......kita diberi waktu sampai jam 09.00 wib untuk menikmati TN Baluran dan bersiap-siap,karena masih jam 06.00 wib kita santai lalu melanjutkan ke Pantai Bama jaraknya cm 2km dari Pos Bekol, di Pantai Bama tersedia Cottage, kantin, trekking mangrove, ini beberapa foto kita di pantai Bama

Pantai Bama
Trekking Mangrove

Jam 07.00 kita kembali ke rumah Bekol tempat rombongan pak Totok tadi untuk mandi dan rehat sejenak, pak Totok dkk ini sangat ramah kita pun sarapan dengan bekal yang mereka bawa hehehehehh baik kan!!!, dan ternyata kita tidak jadi berangkat jam 09.00 wib karena masih nunggu rombongan lain yang belum datang kita pun menunggu di rumah bekol sampai siang ditemani monyet-monyet nakal hehehe monyet-monyet disini agresif banget bro jadi kalau kesini dijaga barang bawaannya kalau tak mau disikat sama mas monyet hehehe.
Pukul 12.00 wib kita bersiap gas ke kawah ijen karena rombongan sudah lengkap, baru keluar  dari pos masuk kita semua lapar sangat iya –iyalah udah waktunya maksi alias makan siang, kita cari warung di sekitaran jalan raya Banyuwangi, selesai mengisi amunisi kita melanjutkan perjalanan ke kawah ijen, jam 14.00 wib kita sampai di parkiran kawah ijen,kita ngopi-ngopi dulu karena kita pengen liat “bluefire” otomatis gak bisa langsung naik planningnya sih kita naik jam 01.00 dini hari, berhubung jeda waktu masih lama kita semua cari penginapan terdekat akhirnya kita menginap di Arabica homestay yang berjarak 10 km dari Kawah Ijen kita dapat kamar double bed kamar mandi dalam Rp.150.000 suasana disini dingin banget,kita istirahat dan terlelap sampai malam,alarm berbunyi jam 24.00 wib kita siap-siap dan menbangunkan rombongan lain yang akan ikut trekking ke kawah ijen, jam 01.00 wib kita berangkat dari homestay memasuki pos pertama kita mengisi data pengunjung kita lanjut lagi sampai parkiran disini kita masih duduk-duduk gak jelas karena dinginnya eheheh, setelah membayar tiket masuk Rp.5000 per orang kita mulai naik sejauh 3 km, ternyata jauh banget bagi yang gak biasa naik gunung kayak kita, mana udara sesak lagi karena asap kebakaran lahan di kanan kiri jalan setapak entah sengaja dibakar atau memang terbakar sendiri. Jauh banget bro ngos-ngosan deh kita ternyata biker gak cocok naik-naik kayak gini ahahahaha!. Padahal kondisi pas itu rame banget banyak anak kecil juga ikutan naik duileh semangatnya kita aja kalah gesit sama mereka heheheh.
Sampai di puncak udah kliatan tuh “Blue fire”nya tapi kita gak turun lagi mendekat ke kawah mikir gak kuat lagi naiknya ehehehe…jadi kita duduk-duduk aja menunggu sang surya menyinari dunia.

Kawah Ijen
Pas turun dari kawah kita juga barengan sama para penambang belerang  waduh kuat banget mereka ini naik turun kawah kayak gitu membawa beban 70-90kg, kita aja yang cuma bawa badan aja capeknya minta ampun, salut kita sama para penambang ini....semoga kehidupanmu jadi lebih baik pak!!Jam 07.00 kita balik ke homestay untuk bersih-bersih badan yang udah kedempul debu kawah ijen, setelah bersih2 kita sarapan sembari ngopi khas Arabica homestay.....ahh nikmatnya, disini kita berpisah dengan rombongan karena mereka segera bergegas pulang dan kita masih pengen menikmati hawa sejuk disini jadinya kita sore baru beranjak pulang ke malang
Bro ini pertama kalinya kita mendokumentasikan video perjalanan kita ya masih amatir semoga berkenan