Minggu, 20 September 2015

ROADVENTURE TRIP PACITAN

Mumpung ada libur agak panjang, setelah mikir kesana kemari pengen trip tapi gak jauh jauh amat dari malang yang pastinya dengan budget yang gak bikin kantong bolong tapi masih bisa teteeeup eksis, heheehe. Akhirnya setelah goggling sampai kuota abis Roadventure kali ini mencoba explore Pacitan bro sekalian pengen nyoba Jalus Lintas Selatan (JLS) yang lagi booming..okelah kita mulai yaak.
Yang namanya touring pasti ada persiapan tuh,mikir keras apa yang bakalan dibawa selama trip soalnya ini trip pertama kalinya ini kita naik Kawasaki KLX 150 gan tanpa box lagi, kebayang kan gimana gak encok tuh body sama bokong kita dengan jok se upil itu  dengan estimasi 3 hari trip …....inilah tampilan motor dan bekal kita saat touring.
Riding Saat di perbatasan Trenggalek
Minimalis kan, cuma tas pinggang yg nempel di body, tas multifungsi yg ditaruh dibelakang jok buat jaga jaga ni yang namanya dijalan cuaca itu kan gak tentu sebagai antisipasi kita pakai dah mantel masa kini jaket waterproof gitu deh jadi kita dobelan sodara…biyuh panasnya tinggal bayangin aja bro demi menghemat space bawaan dimotor kita yang unyu ini, kita rela deh dandan maximal meskipun cuaca panas - panas pakai mantel.
Oke lets ride….
Jumat 3 Januari 2014 kita berangkat jam 2 pagi dari Malang dengan rute Malang-Blitar-Tulungagung-Trenggalek-Dongko-Panggul-JLS-Pacitan, rencananya sih gitu bro dari malang kita masih mulus aja tapi begitu sampai tulungagung tiba tiba lampu depan kita mati gitu aja bro mana masih gelap yawdalah kita menepi dulu sambil rehat bentar ditunggu sapa tau lampunya cuma ngambek,........eh ternyata kok masih nesu ni lampu nyerah deh kita akhirnya, walhasil jam 06.00 pagi kita  baru move on dari pinggir jalan daerah Tulungagung lanjut sampai pertigaan Trenggalek kita belok ke arah Dongko dan 15km pertama masih lumayan ya jalannya tapi selanjutnya asyiik banget bro aspalnya bikin body goyang dumang berasa lemak  kita luntur 5kg hahaha….tapi yang bikin asyik lagi view kanan kiri selama riding itu keren gak bikin bosan sayangnya gak kepikiran buat motret maaf ya bro hiks, biar lebih afdol brada semua silahkan coba sendiri hehehe,kita nyampai di SPBU pertama daerah Dongko isi premium, rehat  dulu bro…motor kita dikerubuti orang di SPBU heheh mungkin tampilan ridernyanya ganteng kali ya, menurut info masih sekitar 10km kondisi aspal yang gak berbentuk seperti ini memang saat kita melintasi jalan ini masih dalam taraf perbaikan yang bikin wow lagi jalan dilintasi bis antar kota loh, karena masih pagi jadi banyak  warga pergi ke pasar naik semacam pick up dikasih kursi  gitu ,entah kenapa melihat pemandangan seperti ini berasa menohok hati…….
10km riding dengan kondisi aspal seperti ini rasanya seperti riding 50 km lebay  yak hehehe, sampailah di Panggul kondisi jalan sudah mulus kembali, ketika melewati daerah Panggul juga ada beberapa obyek pantai yang bisa dikunjungi dan sepertinya sudah dikelola dengan baik sayangnya kita tidak sempat berkunjung  ada Hotel Ratu bisa menjadi rekomendasi untuk tempat rehat brada, setelah PLTU Pacitan akan bertemu pertigaan di sinilah ada 2 jalur menuju kota Pacitan bro jika belok kiri arah Sidamulya (inilah jalur lintas selatan yang dimaksud itu) jika lurus kota Pacitan lewat Tulakan, dari sini kita sempat bingung menentukan arah bro karena terlalu pede kita ikuti arah plang/penunjuk arah Pacitan yang lurus jadilah kita biker salah arah hahaha berasa gak menemukan jalur pantai dan hanya melalui bukit – bukit dan tanjakan tanjakan tajam karena merasa bersalah pada diri sendiri akhirnya tanya sama warga ternyata JLS nya udah kebablasan ya elah mau balik lagi nanggung 20km lagi udah kota Pacitan. Jam 10 kita sampai di kota Pacitan langsung  kita muter-muter cari hotel akhirnya kita dapat homestay Barehan letaknya persis di jalan masuk pantai Teleng Ria, homestay nya masih baru, bersih, pemiliknya ramah baik lagi heheh…....tarifnya 100Rb sehari ini ada CP nya jikalau bro2 membutuhkan, recommended pokoknya,ehheh
(081333476293) Barehan Homestay Pacitan
Pose depan Homestay
Saat itu hanya kami yang menginap setelah kami bersih – bersih diri, istirahat, jam 3 kita jalan jalan ke pantai Telengria, pantai ini sudah dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat jadi fasilitas umum sudah tersedia, ini penampakan Pantai Telengria.
Teleng Ria
Malam harinya kita jalan lagi ke Alun- Alun kota Pacitan yang terkenal dengan banyaknya penjual jadah ketan bakar, kita lalu memilih salah satu  stan warung lesehan yang menyediakan menu tersebut, ternyata enak bro jadahnya hehehhehe, padahal awalnya mau cari makan besar sudah kenyang duluan sama jadah bakar karena sudah malam nongkrong kita memutuskan kembali ke homestay untuk istirahat, setibanya di homestay eehh ternyata kita udah disuguhin 1 piring penuh tahu tuna panas sama pemilik homestay aduh baiknya bapak sama ibunya ehheehh langsung dah kita sikat habis.
 Pagi ini kita berencana pergi ke Pantai Srau, Pantai Watukarung, Pantai Klayar dan Gua Gong. Dan tujuan pertama kita “Pantai Srau”dari homestay jam 07.00 kita ikuti arah jalan raya Pacitan - Jogja kira-kira 10 km dari start kita ada plang petunjuk ke Pantai Srau, Pantai Watukarung, Pantai Klayar, kita belok kiri mengikuti petunjuk arah tersebut  setelah tanya penduduk setempat Pantai Srau masih sekitar 7 km dan jam 08.00 akhirnya sampailah kita di Pantai Srau pada saat itu belum ada tiket masuk tapi sudah tersedia fasilitas seperti toilet, musholla, warung….Dan begitu melihat keadaan sekitar pantai kita langsung jatuh cinta sama pemandangan pantai ini, pohon-pohon kelapa berjajar teduh deh rasanya hati bro hahay, saat itu cuma kita berdua yang datang berkunjung puas puas in deh maen air serasa milik pribadi, ah indahnya hhaaahhaa.
Pantai Srau

Lanjut tujuan selanjutnya Pantai WatuKarung yang masih 1 jalur  letaknya sebelah barat Pantai Srau jaraknya sekitar 10 km melalui aspal rusak dan perkampungan warga, jam 11.00 sampai di pintu masuk kita di minta memberi sumbangan sukarela Pantai WatuKarung ini terkenal di kalangan bule-bule loh karena ombaknya yang cocok untuk surfing, disini sudah dibangun resort, memang yang berkunjung kesini rata-rata bule bro.
Watu Karung
Lanjut lagi ke Pantai Klayar letaknya sebelah barat Pantai WatuKarung masih berjarak 15 km karena kita pake motor kita bisa  lewat jalur yang hanya bisa dilalui roda dua dengan kondisi jalan yang makadam dan terjal ,jika melalui jalur normal kita harus memutar lagi melalui punung dengan 40 km jadi kami memutuskan untuk menghemat waktu dan biar cepat sampai kita lewat jalur kecil saja,sayang jalur ini tidak sempat kita dokumentasikan,satu jam kemudian pukul 13,00 kita sampai pantai Klayar wuih dari atas jalan pemandangan indah banget.tiket masuk Rp 8.000 untuk 2 orang,karena sudah siang ternyata sudah banyak pengunjung suasananya ramai sekali,disni fasilitas sudah lengkap bro…juga ada penyewaan atv,kita menyisir pantai sambil jalan kaki pengennya liat Seruling Samudra yang terkenal itu bro, tapi ternyata masih ditutup karena ombak masih besar akhirnya kita nunggu sampai  jam 14.00 baru dibuka kita langsung masuk aja, yeey akhirnya bisa merasakan deburan ombak besar di seruling samudra bro sebenernya bahaya sih tapi gimana lagi ombak tiba-tiba datang begitu saja alhasil basah kuyup deh kita karena habis shock kena ombak kita akhirnya turun aja pas keluar kita dimintai sumbangan sukarela.
Klayar
Seruling Samudra Klayar

Waktu arah pulang kita melalui jalan normal lewat punung masih satu jalur arah keluar dari Pantai Klayar kita mampir di Gua Gong dari parkiran motor masih trekking naik bro sekitar 200 meter lalu pas masuk gua banyak orang menyewakan senter kita sih gak sewa soalnya menurut yang kita liat di mbah GOOGLE sih warna warni gitu dalemnya dan ternyata pas udah didalam gelap banget hadeh apanya yang bisa diliat untung jalan setapaknya sudah bagus dan berpagar, tak banyak foto kita disini, sudah capek jadi badmood dah keinginan untuk foto udah ilang heheeheh,
Gua Gong

Karena sudah sore kita kita memutuskan pulang dan mampir ke rumah makan BU GANDOS yang terkenal endes itu, langsung deh bro pesennya kayak orang kalap heheheehhe,kita balik ke homestay bersiap untuk balik malang keesokan harinya.